Sunday, December 21, 2003

pelem jamdul: an email from naning

Perkembangan film Indonesia memang harus dicermati. Orang tak boleh begitu saja melupakan film nasional era 1980an, mentang-mentang sekarang lagi demen ama Eiffel... I'm in Love atau (sempat) Ada Apa dengan Cinta (AADC).

Tak ada salahnya memperhatikan adegan² yang biasanya ada dalam film² Indonesia tahun 1970-an dan 1980-an. Berikut ringkasannya: (Baca yang bener yak!)

1. Makan bersama keluarga. Entah maksudnya apa, pamer apa yang dimasak sama pembantu rumah tangganya, atau pamer peralatan dapur. Dan biasanya minumannya selalu jus jeruk.

2. Cinta yang tidak disetujui orang tua. Entah sudah berapa judul film Rano Karno yang temanya beginian.

3. Ayah yang selalu berbaju safari. Biasanya warnanya coklat muda, dengan dua bolpen di kantongnya, membawa koper, dan biasanya ke kantor.

4. Polisi yang selalu datang terlambat. Seperti biasa, polisi selalu terlambat untuk menangangi masalah dalam film Indonesia, dengan kalimat yang kaku dan khas: "Ini memang buronan yang sedang kami cari, Pak!"

5. Adegan pub/bar/nightclub. Scene ini biasanya lampu remang² warna kemerahan, diiringi musik² kaya' ABBA, Beegees, Kool and The Gang. Lalu minuman diberi obat perangsang.

6. Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit y ang baru disadari sudah stadium 2 atau 3, karena mengidap kanker, leukimia, atau jantungnya kambuh.Sangat jarang penyakitnya bengek, korengan, atau diare. Dokternya biasanya berkumis, badan agak gemuk, kacamata baca model Malcolm X, stetoskop menggantung di leher, dan biasanya ngomong: "Bapak dan Ibu tidak usah khawatir, kami akan berusaha semampu kami."

7. Adegan lari²an di taman atau di pinggir laut sambil ketawa² kecil "hahaha...hahaha..." trus yang cewek menjatuhkan diri. Maksudnya romantis, tapi kok malah jadi lucu. Terus saat adegan ciuman, diganti (disensor) dengan deburan ombak atau bunga mawar.

8. Mau diperkosa terus nggak jadi karena jagoannya datang. Entah dari mana, tiba² berantem saja sama yang mau memperkosa.

9. Tokoh kyai/orang sakti/pemuda yang alim. Biasanya untuk mengusir setan kaya kuntilanak, arwah penasaran dan lain². Banyak ditemui di film² horor Indonesia dan biasanya selalu menang.

10. Di se tiap ending film pasti disertai dengan tulisan: SEKIAN, TAMAT, SELESAI, dan lain² dengan warna² yang cerah.

11. Kalau cowok pergi ngapel ke rumah camer biasanya bawa oleh² kue tart yang norak² (zaman segitu belum ada black forest, sih!)

12. Kalau kuliah naik motor and berambut gondrong.

13. Cewek kalau dijemput cowoknya pakai mobil, pintunya dibukain.

14. Adegan buang puntung rokok, terus dimatiin pake kaki. Mungkin biar sepatu boot/kulitnya keliatan.

15. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri di rumah.

16. Terjadinya ML gak sengaja, gara² kehujanan atau pada saat hujan.

17. Kalau mau ketemu cewek, si cowok sisiran dulu. Rambut gondrong, diminyakin dan sisirnya ditaruh di saku belakang. Sisirnya nongol sedikit!

18. Nama peran utamanya kalau cowok selalu JOHAN, HENDRA, ANTON.

19. Kalau naik motor nggak pakai helm.

20. Cewenya kalau habis dimarahin sama bokapnya, biasanya langsung lari ke kamar terus menangis sambil menelungkup di ranjang (biasanya film² Rhoma Irama).

21. Suka ada iklan tersembunyi, biasanya rokok.

22. Kalau pemeran utama cowoknya ceritanya sudah jadi tua, tinggal ditambahin kumis doang.

23. Kalau film silat, gadis desanya senang nyuci di kali pakai kemben, bawa bakul, kainnya cuma 2 biji. Pas lagi nyuci, datang penjahat dan langsung tuh penjahat ingin perkaos. (perkosa - red).

24. Kalau film perang, Kapten Belanda biasanya Orang Indonesia pakai wig pirang, serdadunya senang jalan² keliling kampung, pas lihat cewek lagi mencuci di kali, ingin perkaos juga.

25. Biasanya kisah sedihnya beruntun. Misalnya: anak sakit, nggak punya uang, mau beli obat, hujan deras, eh si emak ketabrak mobil lagi...

26. Cewek diperkosa di dalam kamar di atas tempat tidur. Cewek yang diperkosa bilang: "Tidak... jangan... tidak..." Terus yang merkosa bilang: "Teriaklah se-kuat²nya, tidak akan ada yang mendengarkanmu..."

27. Anak SMA pakai seragam yang lengennya dilinting, nggak cewe ngga cowo. Celananya baggy, atau yang pipanya nyempit di bawah.

28. Vokal untuk theme song suaranya lirih dan men-desah².

29. Kalau ada yang mau mati, pasti ninggalin pesan duluan, baru mati.

30. Suara cewe kalo lagi marah pasti jadi gembret (btw, gembret apaan sih? - red)

31. Zainal Abidin kebanyakan jadi Tokoh Bapak.

32. Kalau di film anak², biasanya ibu atau bapaknya meninggal. Si anak tinggal sama ibu tiri atau bibinya, dijadiin pembokat, dimarahin. Si anak kabur ke kota, jadi gelandangan. Biasanya dipungut orang kaya, trus jadi penyanyi cilik terkenal. Biar rada dramatis sering tuh anak ditabrak mobil.

33. Kalau ceweknya mau diculik, biasanya jalannya di tempat sepi yang nggak ada orang/mobil lewat.

34. Kalau film eksyen, adegan berantem di jalan ramai dilanjutkan dengan kejar²an. Dari kota tiba² pindah k e tengah sawah!

35. Kalau adegan daerah pelacuran, biasanya di pinggir sungai, ada becak sama warung jualan bir. Terus ada adegan WTS godain orang lewat. Kadang² ada bencongnya juga.

36. Adegan batuk². Habis itu keluar darah... dilap tissu... dijamin habis itu pasti mati.

37. Dono Warkop selalu kebagian cewek² seksi.

38. Cerita SMA biasanya sering ada murid baru, biasanya cewek. Sering ada adegan cowok godain cewek pake lemparan gulungan kertas atau kapur. Surat cintanya biasanya nyasar ke
teman cewek yang gendut atau ibu guru.

39. Kalau jajan di kantin biasanya makan bakso, duduk di bangku panjang kayak di warteg.

40. Kalau lulus²an biasanya kemping ke gunung, di bis nyanyi² kayak anak TK.

41. Kalau bikin geng biasanya ada yang gendut, bencong, atau kurus.

42. Jagoan SMA biasanya ketua OSIS, kalau sekolah bawa tas kecil yang ditaruh di bahu, bukunya kadang cuma satu biji, lusuh lagi.

4 3. Hantu² di film horor: - Biasanya yang jadi korban duluan adalah orang yang lagi ronda. Kuntilanaknya sering jajan sate. Dedemitnya mula² cakep, pas ML berubah jadi buaya atau ular. Hantu cewek biasanya korban perkosaan yang balas dendam.

44. Rano Karno adalah:
- Banyak ditaksir cewek².
- Pinter.
- Ketua OSIS atau ketua apaaa gitu.
- Ganteng.
- Cintanya tidak disetujui sama orang tua.
- Anak baik².
- Ibunya biasanya miskin, pakai kain dan baju lusuh.
- Kalau cintanya diterima, saking senangnya naik motor sambil berdiri.
- Becandanya mijit² hidung ceweknya sambil tertawa.
- Pacaran biasanya di pantai, minum kelapa muda, sedotannya tukar²an sama ceweknya. Atau, satu kelapa dua sedotan.

45. Silahken nambah sendiri ya. Capek juga melototin film-film jaman baheula. Jaman segitu aku kan masih bayi hehehe...

posted by -nia- @--}--- Sunday, December 21, 2003 l




:: Profile ::

Nia/Female/21-25. Lives in Indonesia/East Java/Sidoarjo, speaks Indonesian and English. Eye color is black. I am great looking. I am also confident. My interests are reading, movies, make friends/writing, music, party.
This is my blogchalk:
Indonesia, East Java, Sidoarjo, Indonesian, English, Nia, Female, 21-25, reading, movies, make friends, writing, music, party.


:: Fellows ::


Blogroll Me!

:: Shout box ::

:: 10 most recent entries ::

kok gini ya?
customer oh customer...
EF P@RtY!!!
Harry Potter
what's your symbol?
di sebuah pelataran kampus
power cut @ EF
Fairy Tales
To All My Friends
Tes Pohon

:: Archieves ::

November 2003
December 2003
January 2004
February 2004
March 2004
April 2004
May 2004
June 2004
July 2004
September 2004
October 2004
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005

:: Guest ::



:: Credits ::

blogskins
bloglet
okcounter
doneeh

Solidaritas untuk anak Indonesia




BlogFam CommunityFeedback by backBlog
Listed on BlogShares
Listed on Blogwise
MyShoutbox.com - Free Shoutbox!Powered by Blogger
Link to ClockLink.com

Design