Sunday, December 14, 2003

customer oh customer...

nia duduk lemas di kursinya berusaha menahan air mata yang sudah mulai menggenang sambil menatap punggung customer yang baru aja keluar dari kantornya. entah kenapa tiba-tiba dia merasa capek sekali. bukan sekali ini dia menghadapi customer yang complain karena tidak puas dengan apa yang mereka terima dari ef, malah ada yang sampai menggebrak-gebrak meja dan memaki-maki. sebagai school assistant yang salah satu tugasnya melayani customer, hal semacam itu sering sekali dia hadapi dan nggak cuma sekali dua kali dia menangis diam-diam seperti ini. tapi kali ini dia merasa sudah sampai pada puncaknya, rasanya capek sekali. capek merasa ketakutan menghadapi kemarahan customer, capek menahan sedih dan kesal kalau mereka tidak mau tahu apapun yang dia jelaskan. sebagai mahasiswa yang belajar psikologi seharusnya dia lebih mengerti karakter orang, bisa memahami dan memberikan pelayanan sesuai dengan keinginan orang tersebut, tapi nggak tahu kenapa ilmu itu sama sekali nggak terpakai. semua teori yang dia pelajari tentang sifat manusia lenyap begitu menghadapi customer yang marah-marah.
memang sih nggak semua customer yang dia hadapi menjengkelkan, ada yang ramah, manis, menyenangkan, ada juga yang sangat berterimakasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh para staf. siswa yang belajar di ef pun rata-rata adalah orang yang menyenangkan. nggak sedikit yang lantas berteman dengan nia dan staf yang lain. apalagi siswa young learner, mengingat kelucuan dan kenakalan anak-anak sd itu nia tersenyum, sakit hatinya sedikit terobati. lucu rasanya mengingat anak-anak manis itu memiliki orang tua yang menyebalkan.
beberapa hari yang lalu nia menghadapi seorang ibu yang anaknya nggak lulus level 2. si ibu marah-marah, dia menganggap ef nggak bertanggungjawab karena nggak ngasih tahu jadwal ujian, rupanya si anak bilang ke ibunya kalo dia nggak tahu kalo waktu itu ada final test. padahal waktu si ibu melakukan pembayaran untuk kenaikan level beberapa bulan yang lalu, dia minta supaya nia menuliskan jadwal masuk kelas, waktunya, jadwal speaking & listening test dan jadwal final test. lagipula sebelum 2 minggu sebelum final test, ef juga sudah bagi-bagi pengumuman untuk tiap siswa dan nia yakin kalo guru di kelas juga pasti sudah memberikan pengumuman... kurang apalagi?! lalu si ibu beralasan kalau anaknya ini banyak kegiatan, jadi dia nggak bisa memantau satu persatu dan si anak ini juga nggak bisa mengingat satu persatu kegiatannya, jadi dia minta kalo mau ujian si ibu ini harus ditelpon supaya dia tahu.
nia merasa alasan ibu itu sama sekali nggak masuk akal. berarti anak ini tidak bertanggungjawab atas dirinya dan si ibu juga nggak mengajarkan anaknya untuk bertanggungjawab. kalo ada yang nggak bener ya salahin orang lain aja. padahal anak ini udah smu lho, harusnya dia punya yah setidaknya sedikit tanggungjawab. nia yakin siswa yang lain juga kegiatannya banyak, nia dulu waktu masih smu juga kegiatannya bejibun, tapi toh dia bisa mengatur waktunya. dia tahu kapan harus berangkat les, kapan harus ngurusin kegiatan ekstra kurikuler, kapan bisa nonton acara kesenian di sekolah-sekolah lain, kapan bisa gaul dan nongkrong ama temen-temennya. sedikit keteteran itu hal yang biasa, tapi toh dia nggak menyalahkan orang lain. nia sendiri yang memilih untuk ikut semua kegiatan itu, berarti dia juga yang tanggung resikonya. kalo dari kecil anak nggak diajarin untuk bertanggungjawab, gimana besarnya nanti?
nia sadar dia sudah belajar banyak sejak kerja di ef, tapi sekarang dia jenuh dan nggak lagi semangat untuk menawarkan kelas baru atau melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan.
"apa aku harus resign ya? seperti 2 temen lain di kayun dan bukit mas? tapi aku baru 6 bulan kerja di sini.. mungkin aku nggak cocok untuk pekerjaan ini..." nia menghapus air matanya sambil bersyukur nggak ada satupun temannya yang sadar kalo dia nangis. nggak tahu sampe kapan dia bisa bertahan...

p.s: last nite "eiffel i'm in love" with mas luki... i love you honz

posted by -nia- @--}--- Sunday, December 14, 2003 l




:: Profile ::

Nia/Female/21-25. Lives in Indonesia/East Java/Sidoarjo, speaks Indonesian and English. Eye color is black. I am great looking. I am also confident. My interests are reading, movies, make friends/writing, music, party.
This is my blogchalk:
Indonesia, East Java, Sidoarjo, Indonesian, English, Nia, Female, 21-25, reading, movies, make friends, writing, music, party.


:: Fellows ::


Blogroll Me!

:: Shout box ::

:: 10 most recent entries ::

EF P@RtY!!!
Harry Potter
what's your symbol?
di sebuah pelataran kampus
power cut @ EF
Fairy Tales
To All My Friends
Tes Pohon
should i believe it?!?
my weekend

:: Archieves ::

November 2003
December 2003
January 2004
February 2004
March 2004
April 2004
May 2004
June 2004
July 2004
September 2004
October 2004
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005

:: Guest ::



:: Credits ::

blogskins
bloglet
okcounter
doneeh

Solidaritas untuk anak Indonesia




BlogFam CommunityFeedback by backBlog
Listed on BlogShares
Listed on Blogwise
MyShoutbox.com - Free Shoutbox!Powered by Blogger
Link to ClockLink.com

Design